Candra's

HOT KLIK

Friday, October 7, 2011

4 Insinyur RI Terlibat Dalam Pembuatan Boeing 787 Dreamliner 74108

Indonesia ikut andil dalam pembuatan Boeing 787 Dreamliner, bagaimana tidak ada 4 Insinyur RI Terlibat Dalam Pembuatan Boeing 787 Dreamliner 74108 keluaran terbaru perusahaan pesawat asal AS, Boeing, itu.

"Dalam Pembuatan Boeing 787 Dreamliner 74108 ada sekitar 32 orang lebih orang Indonesia. Yang di 787 Dreamliner itu ada sekitar 4 orang dari Indonesia," ujar salah satu insinyur asal RI yang terlibat dalam
pembuatan 787 Dreamliner, Bram Djermani dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (5/10/2011).

Bram bergabung dengan tim bagian produksi. Sedangkan 3 insinyur Indonesia lainnya bergabung dengan tim planning engineer, liaison engineer dan stress engineer. Mereka bersama hampir 500 orang lainnya dipercaya Boeing untuk terlibat dalam pembuatan hingga pengiriman pesawat.

"Saya gabung dengan Boeing 4 tahun lalu, dan langsung involve di Dreamliner. Jadi sejak pesawat pertama (Dreamliner) hingga yang sekarang ini," tutur pria kelahiran Jerman ini.


Dengan fasih, Bram menuturkan keunggulan pesawat ini dibanding pesawat-pesawat lainnya. Dia menyebut Boeing Dreamliner 787 terbuat dari komposit sehingga lebih ringan dari pesawat kebanyakan. Selain itu pesawat didesain agar irit bahan bakar. Dibanding pesawat lainnya, Dreamliner 787 lebih irit pemakaian bahan bakar hingga 20 persen.
"Penumpang yang naik juga tidak cepat capek karena lebih lembab," sambung ayah 3 anak ini.


Jendela Boeing Dreamliner 787 menggunakan kaca gelap, sehingga penumpang tidak akan silau dengan cahaya matahari dari luar yang menerobos ke pesawat. Tak hanya itu, para penumpang juga dimanjakan televisi Panasonic layar sentuh yang berbasis Android.


Take Off untuk pertama kalinya
Langit-langit pesawat pun didesain tak kalah keren. Warna langit-langit bisa berubah-ubah sesuai keadaan langit. Jika matahari baru terbit, warna langit-langit pesawat berubah warna dari oranye menjadi biru. Penumpang semakin dimanjakan dengan adanya bar dalam tubuh pesawat sepanjang 58 meter tersebut.

"Di Boeing ada banyak orang dari berbagai negara. 4 Insinyur RI Terlibat Dalam Pembuatan Boeing 787 Dreamliner 74108  mereka merasa bangga mampu bersaing dengan orang-orang dari luar lainnya. Tapi kami tidak kehilangan nasionalisme," sambung Bram yang berharap suatu saat industri pesawat Indonesia mampu bangkit dan bersaing dengan produk serupa dari negara lainnya.
Pintu masuk untuk telah dirancang dengan lengkungan bertujuan untuk mengarahkan mata ke atas
Interior mengesankan Dreamliner, yang menampilkan toilet yang lebih besar untuk kenyamanan penumpang meningkat
Hi-tech kursi pesawat baru 250-290 dan menawarkan peningkatan kenyamanan dan penumpang Kelas Pertama akan menikmati hiburan di 17-inch layar sentuh
Semua penumpang akan menikmati hiburan iPad seperti tablet Android yang diletakkan dibelakang setiap kursi
Pekerja memeriksa model produksi pertama 787 Dreamliner

No comments:

Post a Comment