Candra's

HOT KLIK

Sunday, October 16, 2011

Arti Warna Bendera Dalam Balapan

Arti Warna Bendera Dalam Balapan  Formula 1 (F1) atau Moto GP bermacam-macam  yang berfungsi untuk memberi tahu pesan penting kepada para pembalap yang sedang berpacu dalam lintasan lomba.

Bendera ini biasanya dikibarkan oleh para marshal di sekeliling lintasan agar dapat dilihat dengan jelas oleh para pembalap. Namun, khusus dalam balap Formula 1, karena pembalap memacu mobil balapnya dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka tentu akan sulit bagi pembalap tersebut untuk melihat bendera yang sedang dikibarkan. Untuk menjawab permasalahan ini, sebuah display khusus dalam setiap kokpit pembalap yaitu GPS Marshalling System dibuat.

Display ini akan menyala sesuai dengan warna bendera balapan yang dikibarkan dalam sirkuit. Dengan diciptakannya sistem ini, maka para pembalap pun sangat terbantu untuk mengetahui pesan dari pengawas perlombaan secara efektif. Berikut Arti Warna Bendera Dalam Balapan F1 maupun Moto GP:.



HIJAU
Hijau Menunjukan bahwa semua komponen yang terlibat dipenyelenggaraan balap sudah siap. Artinya, Sirkuit sudah bersih dari kerikil, pasir, maupun oli. Race director hingga petugas lintasan sudah diposisi masing-masing. Bendera ini dipakai balapan, latihan resmi, dan kualifikasi.


KUNING
Kuning bila dilambaikan berarti ada bahaya, siap untuk berhenti dan jangan melewati peserta lain. Tapi kalau dilihat posisinya diam, maka waspada ada bahaya didepan dan jangan melewati peserta lain. Bila pembalap melakukan overtake lawan, maka dianggap pelanggaran dan diganjar penalti waktu 30 detik ditambahkan dari total waktu pembalap itu, atau drive throug penalty


MERAH
Merah pertanda kalau balapan dihentikan karena beberapa kondisi. Bisa karena cuaca, terjadi kecelakaan, atau kondisi trek yang tidak aman atau memang tidak memungkinkan untuk dilintasi oleh motor. Setelah itu, bila memang sudah memungkinkan, pimpinan lomba akan segera melakukan start ulang.


PUTIH
Putih menunjukan kalau balapan sudah memasuki putaran atau lap terakhir. Tapi dibeberapa negara ada yang diberi tambahan logo palang merah. Tentu artinya sudah bukan lagi tanda satu atau last lap lagi. Melainkan untuk menunjukan ada ambulance yang akan memasuki trek atau lintasan.
CHECKERED
Checkered Flag simbol yang paling diseluruh dunia. Berarti balapan selesai. Dibeberapa event diberi tambahan logo event. Bendera ini kemudian diberikan kepada pemenang lomba, sebagai kenang-kenangan. Atau biasa juga pembalap didaulat keliling satu putaran sebagai penghormatan kepada pemenang.


KUNING DISERTAI GARIS MERAH
Kuning disertai tiga garis merah ditengah menandakan kalau lintasan licin. Disebut juga bendera oliyang dikenall sebagai pelicin, makanya jika bendera ini dikibarkan berarti terdapat beberapa ceceran cairan yang menyebabkan lintasan licin. Bukan hanya minyak tapi juga oli.


BIRU
Biru bila dilambaikan maka anda menghalangi pembalap lain yang lebih kencang, atau yang akan mengoverlap. Harus segera memberi jalan. Tapi jika dipegang diam atau tidak dikibas, berarti waspada seorang pembalap yang lebih kencang atau yang akan mengoverlap, persis ada dibelakang.


HITAM PUTIH DIAGONAL
Hitam putih diagonal bisa bermakna tidak sportif. Jika diperlihatkan dalam posisi diam beserta papan dengan nomor peserta, berarti pembalap dengan nomor start yang tercantum dipapan sedang diperingatkan karena dinilai sudah bertindak tidak sportif terhadap pembalap lain.


HITAM
Hitam warna bendera ini paling ditakuti pembalap, Karena memang berarti melanggar. Terlebih kalau bendera dikeluarkan beserta papan hitam, bertuliskan nomor peserta maka sang pembalap harus segera berhenti, mengurangi kecepatan, dan segera masuk pit.
HITAM DISERTAI LINGKARAN BERWARNA ORANGE
Hitam disertai lingkaran ditengah berwarna orange itu tanda bahaya. Sama seperti bendera hitam lainnya. Jika dikeluarkan bersama papan yang bertuliskan nomor peserta, itu berarti teguran bagi sang pembalap bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada motornya. Bisa membahayakan diri sendiri dan pembalap lain.










  
 
 

No comments:

Post a Comment